Belajar dari Rumah

Background vector created by YusufSangdes


Pada 2 Maret 2020 lalu, saya dikejutkan dengan kasus pertama Covid-19 di Indonesia. Dan dengan bertambahnya kasus Covid-19 ini setiap harinya, semua kegiatan yang menyebabkan kerumunan pun mulai dihentikan. Diharapkan kasus ini dapat terminimalisir. Salah satu yang terkena dampak ini adalah sekolah. 

Kegiatan pembelajaran yang tadinya dilakukan di sekolah, di masa pandemi ini dilakukan dari rumah. Pelajaran disampaikan dengan bantuan teknologi. Sebagai guru, saya merasa bimbang. Namun, selalu ada hikmah di setiap peristiwa. Saya jadi belajar memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran dari rumah ini dan membuat konten pembelajaran yang kreatif.

Ada banyak pilihan teknologi yang dapat digunakan. Dan dalam penggunaan teknologi ini, saya perlu mempertimbangkan ACTION (Action, Cost, Techology, Interactivity, Organization, and Novelty)Berdasarkan hal tersebut, saya menggunakan WhatsApp sebagai alat dalam menyampaikan materi pembelajaran. 

Di WhatsApp, saya membuat grup berdasarkan kelas. Di awal, saya membuat kesepakatan kelas dengan para siswa. Setelah kesepakatan tersusun, saya menuliskannya di keterangan grup agar siswa dapat membaca kembali kesepakatan yang telah kami buat. Kemudian saya menyampaikan tujuan pembelajaran. Pembelajaran dilakukan dengan memanfaatkan fitur voice note, gambar, dan video. Dan dalam proses pembelajaran ini,  interaksi siswa dengan guru, materi, dan siswa lainnya perlu diperhatikan.

Untuk menghindari kebosanan saya merasa bahwa saya memerlukan sesuatu yang dapat memotivasi dan menarik serta menyenangkan bagi siswa saya. Pencarian jawaban dari keresahan tersebut dimulai. Saya menemukan variasi media dan platform digital untuk membantu proses pembelajaran. Media pembelajaran yang dapat memotivasi siswa dalam pembelajaran serta dapat diakses oleh siswa kapan saja yang ingin saya temukan. Karena di lingkungan rumah siswa saya, sinyal masih kurang bersahabat. 

Setelah mencari dan mempelajari media yang ada, bertemulah saya dengan sebuah portal edukasi yang disiapkan pemerintah. Portal ini memiliki banyak fitur yang bisa diakses dengan mudah. Sesuai dengan tagline nya "Belajar di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja. Portal ini bernama Rumah Belajar. Saya akan menuliskan tentang Portal Rumah Belajar ini di tulisan selanjutnya ya. 

Sampai saat ini, saya masih belajar untuk memanfaatkan teknologi dalam belajar dari rumah ini. Semoga dengan belajar dari rumah ini, saya dan para siswa jadi lebih bersahabat dengan teknologi.  


Kab. Bandung Barat

 


Comments

  1. Mantap. Nanti mau mulai ngulik Rumah Belajar juga :)

    ReplyDelete
  2. Bagus sekali tulisannya, mewakili keresahan dari para pengajar ditengab kesulitan mengajar saat pandemi. Ditunggu tilisan selanjutnya. Saya pun jadi tertarik untuk mencari tahu tentang Rumah Belajar. Semoga menjadi solusi bagi guru dan siswa saat ini.. 👍

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Rumah Belajar

Vaksinasi Dosis 1 di SMP Negeri 2 Saguling